Apa Penyebab Android Menjadi Lambat?

Sering kali kita merasa kesal ketika perangkat android kita mulai lambat. Banyak hal terkadang kita lakukan agar perangkat kita tidak menjadi lambat, namun apakah hal tersebut akan mempercepat kinerja perangkat atau malah membuat perangkat semakin lambat? Mari kita berbagi bersama, solusi ketika android kita mulai lambat atau lemot.

http://toriqoel.blogspot.com/2015/01/apa-penyebab-android-menjadi-lambat.html
Android
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. 
Kemudian untuk mengembangkan android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. 
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. 
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Pengertian lambat adalah peristiwa yang menjadikan perangkat lambat atau patah-patah dalam menjalankan akses atau aplikasi. Untuk penyebab lambat perangkat, akan kita bahas di bawah ini. 
Pengertian lag adalah peristiwa perbedaan waktu kita ma waktu server dan biasa ketika kita melakukan akses pada aplikasi online. Penyebab lag, adanya overload, latency bandwidth, multitask dan masih banyak lagi. 
Pengertian freeze adalah beku (dalam bahasa indo) oleh karena itu jika perangkat kita terlalu lambat (offline) atau lag yang berlebih (online) maka akan timbul freeze atau mungkin lebih dikenal dengan hang. 
  1. Penyebab yang paling utama jika Android Lemot adalah karena terdapat beberapa aplikasi (baik dengan atau tanpa sepengetahuan kita) yang berjalan pada Android, kasus ini sering terjadi pada Android yang bertipe low-end.
  2. Penyebab yang kedua adalah karena RAM yang kecil, RAM disini berfungsi sebagai Penyimpanan sementara. RAM merupakan salah satu dari beberapa penentu kecepatan atau performa pada Mesin Komputer. Jika suatu aplikasi dijalankan secara bersamaan atau multitasking, maka penyimpanan pada RAM akan semakin penuh, dan membuat Android Lemot.
  3. Aplikasi yang banyak, aplikasi yang banyak memang membuat perangkat kita menjadi lebih lengkap dan banyak fitur yang tersedia, tapi tahukah anda, semakin banyak aplikasi yang terinstal maka performa kecepatan akan semakin lambat, karena beberapa aplikasi ada yang tetap berjalan pada background system, untuk mengetahuinya anda dapat masuk ke Pengaturan>> Aplikasi>> Menjalankan Layanan>> Berjalan. Selain itu, banyak aplikasi pada perangkat yang memiliki memory penyimpanan kecil juga dapat menyebabkan perangkat anda menjadi lambat.
  4. Sampah data yang menumpuk pada perangkat anda dapat juga menyebabkan perangkat lambat, beberapa aplikasi terkadang mempunyai sampah data, baik yang masih terpasang maupun yang sudah anda uninstall tapi tidak secara benar sehingga masih tersisa sampah yang ada.
  5. Adanya virus atau malware terkadang juga menyebabkan perangkat anda menjadi super lambat.
  6. Jika anda menggunakan aplikasi yang dapat memindahkan aplikasi pada memory external dan memory external anda mempunyai kecepatan baca/tulis yang rendah atau mungkin memory external anda bermasalah, hal tersebut dapat juga menyebabkan lambat juga.
Demikianlah Apa Penyebab Android Menjadi Lambat? mungkin bermanfaat.
Referensi: tips-droid.blogspot.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Penyebab Android Menjadi Lambat?"

Posting Komentar