Tips Sehat Bagi Perokok Berat, Ahli Suni dan Ahli Hisap

http://toriqoel.blogspot.com/2014/11/tips-sehat-bagi-perokok-berat-ahli-suni.html
Tips Sehat Bagi Perokok Berat, Ahli Suni kata dan Ahli Hisap (orang jawa bilang ahli suni itu ahi nyusu geni dan Ahli Hisap itu ahli menghisap rokok). Siapa yang tidak mengenal rokok? Ya, rokok termasuk salah satu benda berbahaya yang memiliki banyak kandungan racun dalam tiap batangnya. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, tiap batang rokok mengandung 4000 senyawa kimia, 200 di antaranya beracun dan 43 di antaranya adalah pemicu kanker atau karsiogenik. Agar racun kimia yang terkandung dalam rokok dapat dinetralisir atau minimal dikurangi efek buruknya bagi kesehatan tubuh, perlu kiranya mempertimbangkan proses detoksifikasi atau penetralan racun tubuh. Banyak cara dapat dilakukan untuk melakukan proses detoksifikasi racun tubuh, mulai dari cara tradisional hingga modern dan salah satu cara termudahnya adalah melalui konsumsi minuman. Apa saja jenis dan macam minuman sehat untuk perokok?
Secara umum kegunaan minuman sehat untuk perokok adalah digunakan untuk proses detoksifikasi atau menetralisir racun yang terkandung didalam rokok yang telah terbawa melalui aliran darah seperti nikotin dan tar yang memiliki efek menenangkan seperti halnya amphetamin, sehingga tidak mengherankan apabila rokok memiliki efek seperti candu bagi perokok. Kegunaan lain dalam detoksifikasi kandungan racun dalam rokok adalah untuk mengurangi atau menghambat efek buruk yang ditimbulkan karena kebiasaan merokok seperti kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin hingga permasalahan kesehatan kulit seperti jerawat.
Detoksifikasi atau penetralan dan pengeluaran racun dalam tubuh melalui minuman dapat dilakukan dengan mengkonsumsi minuman yang terbuat dari buah-buahan atau bahan-bahan tanaman obat yang banyak mengandung antioksidan ataupun Vitamin C. Sudah jamak diketahui bahwa antioksidan berguna sebagai penangkal radikal bebas yang dianggap sebagai penyebab berbagai macam gangguan kesehatan seperti kanker ataupun tumor. Berikut ini akan disampaikan beberapa jenis dan macam minuman sehat untuk perokok sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
Jus delima. Delima atau pomegranat mengandung senyawa polifenol yang berguna sebagai penangkal radikal bebas. Berdasarkan beberapa penelitian terakhir, kandungan polifenol buah delima ternyata lebih tinggi dibandingkan buah lain.
Teh hijau. Khasiat teh hijau untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh memang sudah dikenal dari dulu. Teh hijau juga banyak mengandung polifenol alami yang berguna sebagai penangkal radikal bebas dan memiliki efek menenangkan syaraf.
Kulit manggis. Kulit manggis memiliki kandungan senyawa turunan polifenol yaitu isothiocyanate yang berguna sebagai pelindung selaput pembungkus paru-paru.
Daun sirsak. Rebusan air daun sirsak sudah sejak lama digunakan sebagai detoksifikasi atau penetralan dan pengeluaran racun tubuh, selain itu kandungan antioksidan daun sirsak justru lebih tinggi bila dibandingkan apel dan mudah didapatkan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.
Jus brokoli. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, konsumsi brokoli secara teratur juga dapat menurunkan resiko kanker paru akibat merokok, walaupun masih dipelukan penelitian lebih lanjut.
Jus jambu biji. Kandungan Vitamin C yang relatif tinggi dalam jambu biji merah, secara tidak langsung juga berguna untuk meningkatkan sistem immun tubuh terhadap gangguan radikal bebas pemicu timbulnya penyakit.

Selain mengkonsumsi minuman sehat untuk perokok diatas, hendaknya para perokok juga mengurangi kebiasan merokok, karena merokok juga dapat membahayakan orang lain disekitarnya atau dikenal juga dengan perokok pasif. Jangan lupakan untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga secara rutin. Olahraga rutin yang dilakukan akan membantu memperlancar peredaran darah, sehingga proses detoksifikasi racun tubuh dapat berjalan secara maksimal. 

Mungkin anda seorang perokok berat (pecandu) atau dalam kehidupan anda. anda terpaksa berada di lingkungan para perokok, berikut ini kiat cara yang bisa anda lakukan dalam usaha untuk menetralkan paru paru anda, atau paling tidak meminimalisir bahaya rokok terhadap tubuh anda, terutama pada bagian paru - paru anda.

http://toriqoel.blogspot.com/2014/11/tips-sehat-bagi-perokok-berat-ahli-suni.htmlPemberian makanan/minuman yang kaya akan omega 3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut. ditunjukkan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita COPD.

mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung kedelai dapat memperbaiki fungsi pada paru-paru serta mengurangi serangan penyakit seperti sesak nafas kronis.

"Setelah diteliti, flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok," sumber ujar Hirayama. Menurut Hirayama, selain baik bagi paru-paru, kedelai juga bisa menurunkan kolesterol serta mengatasi gejala menopause.

Cobalah Untuk Berhenti Minimal 12 Jam Saja. Bagi pecandu rokok mungkin menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sangat sulit. Namun ternyata, jika kita bisa menahannya, tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam.

Perasaan buruk mungkin akan terasa di awal, namun pada saat itulah proses penyembuhan kerusakaan akibat rokok dimulai. Karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh kita akan hilang secara bertahap.

Kandungan berbahaya tersebut akan hilang secara bertahap dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu akan timbul perasaan tak tenang serta emosi yang tidak stabil. Rasa lapar, serta keletihan yang berlebihan bahkan kesulitan tidur pun terasa.Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh kita sedang membersihkan sisa-sisa nikotin yang ada.

Dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru. Dalam jangka waktu 1-9 bulan, batuk-batuk dan nafas pendek akan menghilang. Paru-paru mulai bersih dan fungsinya kembali normal.

Gejala-gejala seperti depresi, frustasi, dan sakit kepala juga akan melanda proses penyembuhan. Namun hasilnya, Anda bisa terbebas dari risiko kanker, jantung, kemandulan, dan kerusakan paru-paru. Dengan sedikit kesabaran dan niat yang keras, Anda akan mendapatkan kualitas kesehatan hidup yang luar biasa. berhentilah merokok mulai dari sekarang.

http://toriqoel.blogspot.com/2014/11/tips-sehat-bagi-perokok-berat-ahli-suni.htmlBrokoli, jeruk, apel, serta sayur dan buah lainnya yang kaya akan antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru Anda. Salah satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang sering mengkonsumsi lebih dari lima apel dalam seminggu berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsi apel.

Selain itu, antioksidan isothiocyanate pada sayuran seperti brokoli, tauge, serta kol bunga juga terbukti dapat menurunkan resiko terkena kanker paru-paru.

Sayuran kol, kubis hijau dan merah berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pelindung paru-paru. Makanan sumber nutrisi paru-paru lain contohnya meliputi buah bit, wortel, ketela, labu, biji wijen, almon, aprikot, kacang, serta buah sitrus. dan sebagainya

Meminum minimal 8 gelas air putih sehari secara teratur, akan membantu mengelurkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh Anda setelah bertahun-tahun merokok.

Duduklah di tempat yang sejuk penuh dengan dedaunan hijau, tenang dan nyaman. Buat tubuh anda rileks dan tarik napas panjang melalui hidung lalu hembuskan napas melalui mulut selama sekitar 5-10 menit.

Semoga tips kali ini yang berjudul Tips Sehat Bagi Perokok Berat, Ahli Suni dan Ahli Hisap  Bagi Para Perokok dapat bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Sehat Bagi Perokok Berat, Ahli Suni dan Ahli Hisap "

Posting Komentar